Sejarah FAI
Diposting tanggal: 11 Maret 2016

Sejarah Fakultas Agama Islam

Fakultas Agama Islam adalah salah satu fakultas di bawah naungan Universitas Muhammadiyah Metro. FAI UM Metro semula adalah Fakultas Ushuluddin pada tanggal 30 Oktober 1990, dengan SK. Nomor 297. 1996 tanggal 12 Juli 1996. FAI UM Metro memiliki dua Jurusan; Jurusan Dakwah Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), dan Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI).


Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam yang sudah memperoleh predikat terakreditasi B Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Republik Indonesia Nomor : 022/BAN-PT/Ak-IX/S1/XII/2005 tertanggal 08 Desember 2005 merupakan institusi yang mendidik sosok tenaga da’i dan penyiaran yang beriman dan bertaqwa, serta mempunyai kompetensi unggulan dalam penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, serta mandiri, profesional, amanah, jujur dan bertanggung jawab.


Program Studi Pendidikan Agama Islam yang sudah memperoleh predikat terakreditasi B Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Republik Indonesia Nomor : 022/BAN-PT/Ak-VIII/S1/VI/2004 tertanggal 17 Juni 2004 merupakan institusi yang mendidik sosok tenaga kependidikan yang beriman dan bertaqwa, serta mempunyai kompetensi unggulan dalam penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, serta mandiri, profesional, amanah, jujur dan bertanggung jawab.


Sampai saat ini Fakultas Agama Islam UM Metro tetap eksist berjuang dalam kancah akademik, dan menunjukan peningkatan yang baik.